KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Forum Komunikasi Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI)


Demokrasi Ekonomi adalah suatu situasi perekonomian dimana produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua, di bawah pimpinan dan kepemilikan anggota-anggota masayarakat. Untuk itu, dalam penyelenggaraan ekonomi rakyat, peluang anggota masyarakat untuk turut menguasai faktor-faktor produksi harus dibuka seluas-luasnya dan didorong ke tingkat setinggi-tingginya. Sebab itu bangun perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi.
Demikian petuah yang diberikan oleh Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta, berdasarkan keyakinan bahwasanya perekonomian yang paling tepat di terapkan di Indonesia dan sesuai dengan amanat founding Father bangsa Indonesia adalah Koperasi, maka Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia yang didirikan pada tanggal 11 April 1988 pada acara Musyawarah Nasional Koperasi Mahasiswa di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat sebagai sebuah forum untuk melawan ketertindasan koperasi melalui deklarasi Koperasi Mahasiswa Se-Indonesia yakni “Kami Gerakan Koperasi Mahasiswa Indonesia Menyatakan:
  1.     Satu Kesepakatan Dalam Musyawarah
  2.     Satu Kesepakatan Kerjasama demi Terciptanya Demokrasi Ekonomi
  3.     Satu Tujuan Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa Indonesia”
Mendefinisikan dirinya sebagai sebuah wadah yang dimaksudkan untuk menampung dan merumuskan informasi dari dan kepada Koperasi Mahasiswa se Indonesia, pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan, kaderisasi, dan pembinaan dengan trilogi tujuan yaitu untuk menumbuhkembangkan dan memberdayakan Koperasi Mahasiswa di Indonesia, mewujudkan koperasi mahasiswa sebagai bagian integral dalam gerakan perkoperasian Indonesia, dan ikut berperan aktif dan bertanggungjawab atas terwujudnya tatanan demokrasi ekonomi. Dan dalam hal ini menegaskan bahwa Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia merupakan sebuah organisasi gerakan koperasi yang mempunyai tanggung jawab dan cita-cita yang sama dengan organ gerakan koperasi lainnya yaitu menegakkan jati diri koperasi.

Posisi dan Peran FKKMI

Sebagai sebuah sebuah wadah yang dimaksudkan untuk menampung dan merumuskan informasi dari dan kepada Koperasi Mahasiswa se Indonesia, Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia merupakan pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan, kaderisasi dan pembinaan Koperasi-Koperasi yang berbasiskan Mahasiswa ( Kopma) seluruh Indonesia. Sesuai dengan jiwa dari para anggota-anggotanya Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia merupakan Agent Of Change dalam upaya penegakan Demokrasi Ekonomi yang berkeadilan sosial. Dan sebagai organisasi gerakan koperasi Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia bertanggungjawab terhadap tercapainya cita-cita bersama gerakan koperasi yaitu mewujudkan Demokrasi Ekonomi kerakyatan.

Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia merupakan wadah berkumpulnya Koperasi-koperasi yang berbasiskan mahasiswa Se- Indonesia yang menampung dan mewujudkan program kerja nasional dalam rangka mencapai tujuan penegakan jatidiri Koperasi. Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia bukanlah organisasi yang mempunyai Badan Hukum, namun merupakan aliansi dari Kopma-Kopma seluruh Indonesia yang bersifat Independen, berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dan keanggotaan yang bersifat sukarela dan terbuka.

Visi FKKMI

Sebagai bagian dari gerakan koperasi Indonesia yang mencita-citakan terwujudnya keadilan, demokrasi dan persamaan.

Misi FKKMI
  1. Melakukan peingkatan kualitas SDM koperasi yang sistematis melalui pendidikan berjenjang yang diupayakan mengarah kepada terwujudnya insan (manusia) koperasi yang memahami kompleksitas koperasi dalam pemikiran (ideologi) dan pelaksanaan (praktis).
  2. Melakukan upaya-upaya sosialisasi serta penyadaran kepada gerakan koperasi, masyarakat dan pemerintah akan konsepsi koperasi yang benar (jatidiri koperasi).
  3. Meningkatkan kerjasama antar koperasi dan antar organisasi – organisasi lain baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional.
Melakukan upaya-upaya politis baik advokasi maupun pressure yang mengarahkan kepada terwujudnya iklim kondusif bagi pengembangan koperasi sesuai dengan jatidirinya.
 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger | Web Hosted by Idwebhost