KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Sukses Menjadi Creativepreneur, Bagaimana Caranya?

Perkembangan dunia bisnis dan teknologi saat ini, memacu diri kita untuk mampu bertahan dengan kreatifitas atas ide dan inovasi yang selalu baru. Menjadi seorang pelaku di dunia usaha dengan kreatifitas tinggi, bukanlah hal yang tidak mungkin. Ini memang menjadi suatu keharusan sifat yang dimiliki oleh setiap pelaku usaha, jika ia memang ingin bertahan dan berkembang pada bisnisnya. Kreatif dalam menciptakan ide baru bagi perusahaan, kreatif dalam mencari cara promosi, kreatif dalam menjalin relasi, dan kreatif lainnya. Lalu bagaimana caranya menjadi seorang creativepreneur yang sukses?

1. Fokus

Menjadi seorang creativepreneur, kita dituntut untuk bisa menciptakan banyak inovasi dan ide – ide baru yang akan mengembangkan bisnis kita. Bisa dikatakan, hampir semua perusahaan kreatif melakukan evaluasi terhadap perkembangan bisnisnya setiap bulan. Evaluasi ini dilakukan dengan menyesuaikan hasil kerja dan dengan fokus utama yang mereka miliki. Ini artinya, setiap pelaku usaha memiliki peluang dan kesempatan sebebas – bebasnya untuk berkreativitas, tanpa melupakan tujuan utama yang dibuat.

2. Identifikasi keahlian Anda

Untuk menjadi kreatif, perlu kiranya kita melakukan identifikasi terhadap keahlian yang kita miliki. Jika kita sudah mampu mencari tahu apa keahlian yang kita miliki, kita juga akan terpacu untuk mencari cara bagaimana bisa mengembangkan keahlian tersebut menjadi suatu kreatifitas dan menciptakan inovasi baru untuk bisnis kita.

3. Manfaatkan feedback

Bisnis kreatif ini berhubungan dengan selera. Ada kalanya kita menyukai apa yang kita buat, apa yang kita ciptakan, tapi tidak dengan orang lain, atau penikmat dari karya kita. Dan sudah pasti, mereka akan memberikan saran atau masukan, jika terdapat kesalahan atau ketidakcocokan selera kita dengan penikmat kreatifitas kita. Feedback ini seharusnya memang dijadikan sebagai sebuah saran yang akan membantu dalam membangun bisnis. Jangan terburu untuk menanggapi saran sebagai sebuah ejekan yang menjatuhkan. Kreatifitas bisa diciptakan dari rasa berbagai macam saran orang banyak. Bukan dari 1 orang yang tidak mau mendengarkan.

4. Buatlah deadline

Menikmati apa yang dikerjakan terkadang membuat kita lalai atas kewajiban kita yang lain. Begitupula saat kita mulai menemukan ide atau inovasi baru untuk bisnis kita. Tanpa sadar kita akan merasa itu adalah dunia kita dan kita akan terlena untuk lama mengerjakan itu, bahkan bisa saja tanpa deadline, tanpa kenal waktu atau bahkan tanpa tujuan. Menjadi kreatif harus diiringi dengan sebuah deadline pekerjaan. Ini akan membantu kita dalam membuat inovasi baru yang turut mengembangkan bisnis kita kedepannya.

5. Cari kegiatan agar tetap produktif

Untuk meningkatkan sebuah produktifitas pelaku usaha, hendaknya membuat sebuah program – program kerja baru. Program kerja ini bukan semata – mata mencari keuntungan, tapi lebih tepatnya untuk lebih memacu keinginan pelaku usaha untuk lebih kreatif dan produktif dalam menciptakan inovasi dan ide hebat untuk bisnisnya.
Selamat mencoba :)
source : http://mediabisnisonline.com/
0 Komentar untuk "Sukses Menjadi Creativepreneur, Bagaimana Caranya?"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger