KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Tips Mengatur Pola Makan Saat Berpuasa

Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan tentunya orang harus mengubah pola makan yang selama ini orang itu jalani. Meskipun puasa, orang harus tetap memperhatikan konsumsi makanan saat sahur, saat berbuka puasa, dan saat makan malam. Seluruh gizi haruslah terpenuhi tanpa memberatkan kerja organ tubuh terutama organ pencernaan dan organ detoksifikasi.
Praktisi Gizi Klinik dan Olahraga Rita Ramayulis mengatakan,pada waktu mengonsumsi makanan, perlu juga memperhatikan cairan yang diperlukan yaitu minimal 40 cc setiap kg berat badan atau setara dengan dua liter perhari. Hal ini bisa diperoleh dengan minum satu gelas cairan manis dan minimal satu gelas air putih saat berbuka, dua gelas cairan saat makan malam, dua gelas cairan saat sahur.
“Mereka yang berpuasa juga harus mencukupkan kebutuhan vitamin, mineral dan cairan yang dapat diperoleh dari buah dan sayur.Dianjurkan untuk makan sayuran berkuah banyak (bening atau santan encer), buah-buahan yang mengandung air tinggi (semangka, melon, belimbing, nanas, dan lainnya), segelas susu skim saat jelang imsak,” kata Rita dalam acara diskusi Kiat Puasa Pasca Sakit bersama Sequis di Jakarta, Jumat (26/6/2015).
Untuk makanan utama, yaitu makan malam dan sahur minimal terdiri dari empat kelompok bahan makanan karbohidrat, protein hewani, sayuran dan buah. Dalam hidangan tersebut,  maksimal hanya satu yang boleh digoreng. Bahan ainnya diolah tanpa minyak atau menggunakan minyak sedikit. Akan lebih baik jika tidak ada yang digoreng. Sedangkan untuk makan selingan berasal dari karbohidrat. Lalu, konsumsi makanan selingan menjelang tidur dan makan sahur dalam porsi kecil hingga sedang.
Pada saat memilih makanan, hindari jenis yang sulit dicerna, mengandung gas, makanan yang merangsang saluran cerna, yaitu terlalu manis, terlalu asin, terlalu asam, dan terlalu pedas. Rita menyarankan untuk melakukan olahraga ringan saat siang jelang sore untuk  meningkatkan basal metabolisme, yaitu energi yang dibutuhkan tubuh  pada saat istirahat tanpa aktivitas, misalnya gerakan organ yang bergerak tanpa diperintah seperti jantung, hati, ginjal.
“Olahraga ringan ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan energi dari pembakaran lemak untuk energi minimal yang dibutuhkan oleh tubuh saat istirahat tanpa aktivitas," tambahnya. Dengan mempraktikkan gaya hidup sehat di bulan Ramadhan ini, orang bakal mendapatkan banyak manfaat.
source : marketers.com
0 Komentar untuk "Tips Mengatur Pola Makan Saat Berpuasa"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger