KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

SEPUTAR STOK OPNAME KOPMA UNY

Mahasiswa dan masyarakat sekitar yang merupakan konsumen mini market kurang  mengetahui apa itu stok opname, apa saja kegiatan yang dilakukan saat stok opname, dan lain-lain. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan memberi informasi dan gambaran seputar stok opname kopma UNY.

Stok opname adalah sidak atau memeriksa keadaan fisik barang yang ada dengan pencatatannya. Stok opname kopma UNY ini berlaku pada semua bidang usaha kecuali jasa, seperti mini market, kantin ungu, tokuku dan garden cafe. Setiap bidang usaha memiliki periode stok opname yang berbeda-beda.

Garden cafe dan kantin ungu memiliki periode satu bulan sekali, Mini market 3 bulan sekali, tokoku dua bulan sekali. Perbedaan stok opname ini dikarenakan jumlah barang yang ada di setiap divisi usaha kopmauny berbeda-beda jumlahnya serta dengan pertimbangan penghitungan cost yang didapatkan.

Mini market (MM) kopma UNY memiliki ± 100.000 jenis barang, karena dengan banyaknya barang satu kali stok opname dalam satu hari dapat menghilangkan omset sebanyak Rp. 30.000.000. Oleh karena itu stok opname di divisi MM setiap 3 bulan sekali yang dapat menghabiskan waktu satu hari dalam pemeriksaannya. Untuk bulan pertama dan kedua, stok opname dilakukan dengan melihat data pada sistem yang ada.

Pencatatan dengan menggunakan sistem hanya terdapat di divisi mini market dan tokoku (SID dari benderaku). Sedangkan divisi usaha lainnya, menggunakan cara penghitungan manual. Seperti garden cafe dan kantin ungu memeriksa persediaan bahan baku  makanan tersedia. Pemeriksaan tersebut dilakukan setiap bulan dan pelaksanaan penghitungannya dilakukan diakhir shift pukul 18.00 sampai 21.00 WIB. Saat stok opname menggunakan data sistem, data fisik barang dimasukkan ke dalam data sistem. Apabila terjadi perbedaan antara data dengan fisik barang maka yang di akui data fisiknya.

Stok opname ini diperlukan oleh bidang keuangan dan bidang usaha. Bidang keuangan membutuhkan data keuangan yang ada, bidang usaha yang berkaitan dengan usahanya juga membutuhkan data tersebut. Pelaksanaan stok opname ini melibatkan pengurus dan karyawan. Anggota yang ingin berpartisipasi dalam penghitungan dapat didampingi oleh pengurus.

Sistem stok opname kopmauny ada dua cara, yaitu mengambil 1 produk untuk sample dan mengisi form. Cara stok opname dengan mengambil 1 produk untuk sampel menggunakan data pada sistem dan cara stok opname dengan mengisi form mencatat kondisi fisik barang secara manual lalu hasilnya diinput ke dalam data sistem.

Selain stok opname, kita juga mengenal istilah cash opname. Cash opname ini objeknya adalah kas, membandingkan kas dengan pencatatannya. Berbeda dengan stok opname sebelumnya yang memiliki objek fisik barang. Membandingkan fisik kasnya dengan pencatatanya.

Resh money yaitu pembulatan uang, fungsinya agar lebih mudah dalam pengembalian uang kepada konsumen. Dana resh money tersebut akan masuk ke dana sosial dan dilaporkan setiap hari dan setiap bulan di laporan ke anggotanya.

Pemeriksa fisik barang yang kurang teliti dalam melihat barcode yang berbeda-beda disetiap barang. Konsekuensinya, barang tersebut harus dihitung ulang. Ini merupakan suatu kendala yang dihadapi saat stok opname. Tidak sedikit konsumen merasa kurang nyaman saat kopma UNY sedang stok opname, mereka harus berbelanja ditempat lain. “Mungkin itu mengecewakan, tapi kita membutuhkan data dari stok opname ini” kata siti-kabid keuangan. “Tapi kita sudah memasang pengumuman 1 hari sebelumnya” lanjutnya.


 “kopma besar karena anggotanya. Oleh karena itu anggota sangat diharapkan partisipasi dalam mengembangkan kopma. Kopma merupakan wadah untuk praktek dalam berwirausaha” siti-kabid keuangan (DwiRos-MPI)
0 Komentar untuk "SEPUTAR STOK OPNAME KOPMA UNY"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger