KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Sebentar Lagi MEA, UKM Masih Lemah Bernegosiasi


INILAH.COM, Bandung Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah di depan mata. Namun, daya saing pelaku Usama Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih lemah, terutama dalam melakukan negosiasi dengan pelaku dari negara-negara di Asia Tenggara.

Wakil Ketua Kadin Jabar bidang kemitraan dan UMKM, Iwan Gunawan mengatakan masih banyak pelaku UMKM yang belum membekali diri dengan kemampuan bernegosiasi. Hal ini sejalan lemahnya pelaku dalam menguasai bahasa asing.

Pelaku kita masih lemah bernegosiasi, padahal kemampuan bernegosiasi sangat penting agar para pelaku punya daya saing, ujarnya kepada wartawan, Jumat (8/5/2015).

Selain soal negosiasi, pelaku lokal juga masih lemah dalam memanfaatkan Informasi dan Teknologi (IT). Padahal, penguasaan teknologi menjadi hal mutlak untuk menghilangkan hambatan jarak.

Sebelum melakukan negosiasi, pelaku di dalam negeri harus memahami aturan perdagangan masing-masing negara Asean. Setiap negara punya prosedur pembayaran yang berbeda.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya mengusulkan agar para pelaku melakukan benchmarking ke negara-negara tetangga. Hal ini punya arti penting agar pelaku Indonesia punya data akurat mengenai kondisi negara yang menjadi sasaran pemasaran produknya.

Pelaku perlu melakukan benchmarking ke sembilan negara di Asean untuk mencari peluang, pungkasnya. [ito]

(inilahkoran.com)
0 Komentar untuk "Sebentar Lagi MEA, UKM Masih Lemah Bernegosiasi"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger