KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Puspayoga: Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Masih Timpang



Pertumbuhan ekonomi sebuah negara harus sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bila antara keduanya terdapat ketimpangan berarti ada masalah dalam pembangunan ekonomi di negara tersebut. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga  dalam Indonesia Astra International Marketeers Festival  (IMF) 2015 yang digelar di auditorium Radio Republik Indonesia,  Yogyakarta, Rabu (29/4/2015). 
 
Hal yang sama masih terjadi di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi saat ini berada di angka 5,2%. Sementara, target pertumbuhan yang dicanangkan sebesar 5,7%. Sayangnya, pertumbuhan ini terkesan timpang dengan GDP Rationya. "Terjadi ketimpangan di sini. Artinya, ada masalah dalam pengembangan ekonomi di Indonesia saat ini. Tetapi, tidak ada satu negara pun di seluruh dunia ini yang tidak menginginkan kesejahteraan masyarakatnya," kata Puspayoga.
 
Puspayoga menambahkan, kalau pertumbuhan ekonomi meningkat, lapangan kerja juga akan meningkat. Kalau lapangan kerja meningkat, pengangguran bisa ditekan. "Sementara, kalau pengangguran turun, kemiskinan juga turun. Kalau kemiskinan turun, kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Demikian rumus idealnya," kata Puspayoga. 
 
Ketimpangan antara pertumbuhan ekonomi dan tingkat kesejahteraan masyarakat, sambung Puspayoga, menandakan tidak meratanya kesejahteraan masyarakat tersebut. Program pemerataan kesejahteraan tersebut belum tercapai.  Dalam konteks ini, Puspayoga menyinggung peran besar koperasi dan UKM. 
 
"Peran UKM dan koperasi sangat besar dalam pemerataan kesejahteraan ini. Sebab itu, pemerintah harus menaruh perhatian besar pada mereka. Mereka juga harus diberi peran dan diberdayaka," kata Puspayoga.
 
Untuk mengoptimalkan peran UKM dan koperasi, Puspayoga mengajak pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten untuk bersinergi. "Sebanyak 50 juta UKM di Indonesia saat ini harus diberi perhatian besar. Sinergi antara pusat dan daerah penting, termasuk dengan lembaga terkait lainnya," kata Puspayoga.

sumber : http://marketeers.com/article/puspayoga-pemerataan-kesejahteraan-masyarakat-masih-timpang.html
0 Komentar untuk "Puspayoga: Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Masih Timpang"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger