KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Koperasi Jangan Gentar Hadapi MEA

 Pekerja menyelesaikan pembuatan alat kesehatan di sentra industri alat kesehatan, Desa Kramat, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (28/4). Foto: Antara/Oky Lukmansyah

Metrotvnews.com, Cirebon: Koperasi diminta tak gentar menghadapi pasar bebas Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diberlakukan akhir 2015 ini.

Asiten Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM, Suprapto mengatakan keberadaan MEA bisa dijadikan peluang dalam mengembangkan dan memajukan usaha-usaha yang ada.

“Pasar bebas ASEAN bukan berarti suatu hal yang ditakuti oleh koperasi. Justru ini merupakan tantangan sekaligus potensi dan peluang bersaing. Hanya saja, kita harus mempersiapkan diri agar lebih bagus dan profesional,” ujar Suprapto kepada Metrotvnews.com usai acara Bimtek dan Penyetaraan Koperasi, di Cirebon, Selasa (12/5/2015).

Pemberlakukan MEA, kata dia, akan membuat koperasi dan usaha kecil menengah lainnya mendapatkan peluang investasi dari negara-negara lain. Dia meyakinkan jika MEA dihadapi dengan penuh kesiapan, maka tingkat perekonomian masyarakat Indonesia akan lebih baik.

“Yang perlu disiapkan bukan melulu soal modal, tapi juga pemasaran, produktivitas, kualitas, dan peningkatan profesionalisme,” katanya.

Guna menghadapi tantangan tersebut, lanjut Suprapto, Kemenkop dan UKM akan selalu bekerjasama untuk memberikan sosialisasi terkait peluang pengembangan usaha kecil menengah dan koperasi di daerah-daerah.
(metrotvnews.com)
0 Komentar untuk "Koperasi Jangan Gentar Hadapi MEA"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger