KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Belajar Menjadi Pemimpin WOW


Tidak gampang menjadi seorang pemimpin yang memiliki pengaruh. Kekuasaan tidaklah cukup untuk mempengaruhi orang-orang yang dipimpin. Konsep WOW Leadership muncul sebagai jawaban untuk persoalan kepemimpinan tersebut. Kepemimpinan yang WOW merupakan kepemimpinan yang mampu menggerakkan pikiran, perasaan, dan spirit kemanusiaan orang-orang yang dipimpin.
 
Ada enam aspek dari kepeminpan yang WOW tersebut, yakni fisik, intelektual, sosial, emosional, personalitas, dan moralitas. Faktor fisik terkait dengan hal-hal fisik yang akan memengaruhi persepsi orang lain tentang kemampuan seseorang. Aspek fisik ini terdiri dari sisi visual, audio, dan aroma. "Aspek fisik tidak disangkal juga memengaruhi orang untuk tertarik dan mengikuti seseorang. 
 
Hal-hal fisik yang bisa didandani sebaiknya dilakukan. Apalagi penampilan memengaruhi juga karisma seseorang," kata Ardhi Ridwansyah, Chief Operating Officer MarkPlus Institute dalam Indonesia Astra International Marketeers Festival (IMF) 2015 yang digelar di auditorium Radio Republik Indonesia, Yogyakarta, Rabu (29/4/2015)
 
Sementara itu, aspek intelektual terdiri dari kemampuan berpikir logis, berpikir kreatif, dan berpikir praktis. "Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan berpikir logis alias sistematis. Tetapi, orang itu juga perlu memiliki kemampuan berpikir dengan prespektif yang baru dan berbeda. Sedangkan, secara praktis, pemimpin ini memiliki kemampuan untuk berpikir sesuai dengan konteks yang ada. Dengan ini, orang lain akan mendengarkan," kata Ardhi.
 
Terkait aspek emosional, pemimpin sebaiknya mampu mengenal emosi, mengekspresikan emosi, dan mengelola emosinya. Ardhi mengatakan, untuk menggugah emosi, pemimpin perlu menguasai teknik bercerita. Alasannya, cerita menjadi media yang bisa menyentuh emosi orang.
 
Aspek sosial menyangkut kemampuan membangun jaringan sosial sebagai modal untuk melebarkan pengaruh yang dimiliki. Di sini, pemimpin memiliki kemampuan memahami situasi sosial, membangun jejaring, dan menyelesaikan masalah terkait relasi antarmanusia," kata Ardhi.
 
Sementara, aspek personal menyangkut kesadaran tentang hakikat diri serta visi misi pribadi yang akan diemban dan disebarluaskan kepada orang lain. Aspek moral mengacu pada kemampuan menjaga integritas moral sehingga memiliki pengaruh pada orang lain dan pengaruhnya berjangka panjang.
 
Pemimpin dengan moral yang bagus tak lain adalah pemimpin yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan sikap murah hati," pungkas Ardhi.

sumber : http://marketeers.com/article/belajar-menjadi-pemimpin-wow.html
0 Komentar untuk "Belajar Menjadi Pemimpin WOW"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger