KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

Media Sosial Sebagai Sarana Berbisnis


inilah.com

oleh Ganis Nur Halimah 

Media sosial merupakan media yang sedang digandrungi oleh masyarakat dunia saat ini. Media sosial digunakan untuk berhubungan dengan teman, sahabat, maupun kerabat yang berada jauh dari jangkauan. Media berupa blackberry messenger, twitter, line, facebook, WhatsApp, dll. Memanfaatkan media sosial ini perlu dilaksanakan dengan baik dan benar. Media ini apabila dapat dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi pundi-pundi uang yang menghasilkan tambahan uang jajan atau uang untuk beli pulsa itu pun sudah cukup.

Pemanfaatan media sosial sebagai sarana bisnis online ini memang dirasa sangat potensial, mengingat media sosial merupakan jaringan yang menghubungkan teman-teman, kenalan, saudara, dan sahabat. Wawancara yang dilakukan dengan salah satu yang telah melakukan bisnis online melalui media sosial. Sunarti salah satu mahasiswa yang menekuni  bisnis lewat media sosial mengungkapkan bahwa bisnis melalui media sosial yang dimulainya dengan mengikuti orang yang memiliki produk tas. Ia belaku sebagai reseller pada mulai tahun 2011 yang pada tahun ini di usahakan untuk fokus secara dalam bisnis online ini.

Ia memilih bisnis online karena melihat sekarang semua orang menginginkan sesuatu yang simple dan praktis. Barang yang ditawarkan dalam media sosial diyakini  memang barang yang menarik bagi calon pembeli, sehingga bagi penjual lewat media sosial ini hanya tinggal mengupload gambar. Gambar yang diupload mereka dapat melihat dan memilih, lalu ada tawar menawar tentang harga atau dimungkinkan ada diskon, jika sudah fix baru mereka memutuskan untuk membeli.

Soal keuntungan, pasti semua yang berkecimpung dalam dunia bisnis pasti  menginginkan adanya keuntungan begitu pula dengan Sunarti yang diwawancarai pada tanggal 24 April 2015. Saat mendapatkan order banyak ia bisa merasakan untung, tetapi saat order tidak ada ia merasakan bagaimana caranya untuk menarik perhatian pembeli. Kebanyakan pembeli dari kalangan teman-teman, guru, mahasiswa. Mahasiswa menjadi salah satu pembeli yang potensial karena masih menginginkan sesuatu yang baru.

Hasil yang didapatkan belum dapat diakumulasikan banyak tetapi sudah bisa membeli netbook walaupun masih separuh jalan, ia bersyukur dapat membeli netbook sendiri kalau ada untung dapat untuk melatih bersedekah. Kendala yang dihadapi olehnya biasanya ada beberapa orang yang masih ragu-ragu sebenarnya tetap membeli karena ingin, tetapi saat di tempat mereka tidak jadi membeli, jadi rugi. Kendala kedua adalah masalah waktu mengantarnya agak lama dan diburu buru  oleh pembeli, “mana kok nggak dateng- dateng ini jadi nggak sih kalau nggak jadi aku nggak beli lho” itu yang diucapkan para pembeli.

 Biasanya pembayaran dengan prinsip ada uang ada barang. Bagi wilayah terdekat dari pembeli dapat bertemu dan pembayaran langsung. Misalnya wilayah pembeli jauh dari jangkauaan bentuk pembayaran dalam transfer maka saat sebelum pengiriman barang harus menunjukkan bukti transfer. Ia mengukapkan bahwa bisnis online ini dapat dilakukan untuk mahasiswa tetapi manajemen waktu harus tertata. Bisnis online ini untuk mahasiswa dapat dilakukan sebagai sampingan, tetapi untuk bisnis yang menghasilkan keuntungan yang tetap belum bisa pastikan. Jadi bisnis online lewat media sosial ini dapat menjadi potensi yang menghasilkan uang jika kita dapat membagi waktu, menjadi orang yang sabar, dan ulet, walaupun tidak dapat memberikan hasil yang tetap tetapi mendapat  tambahan uang jajan itu merupakan berkah tersendiri.
0 Komentar untuk "Media Sosial Sebagai Sarana Berbisnis "

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger