KopmaJogja.com

Portal Informasi dan Pengetahuan Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY)

BERKOPERASI, SIAPKAN DIRIMU!

(Sebuah Esai Motivasi untuk "Kita")
Oleh. L. Helmi Sulaiman Haris


Dinamika dalam koperasi mahasiswa (Kopma) kita tidak jauh berbeda dengan berorganisasi secara umum. Layaknya berorganisasi, kita di hadapkan dengan tantangan menghadapai pola pikir manusia, merealisasikan kegiatan, dan tentu menjunjung visi dan misi yang menjadi tujuan organisasi. Begitu juga dengan tujuan dan atau niat masing-masing anggota dalam berpartisipasi di organisasi, dalam hal ini barangkali kita lebih menyentuh Kopma kita. Melihat geliat anggota, anggota baru khususnya, tidak bisa dipungkiri nilai pengalaman atau berpengalaman yang hendak di dapatkan "nanti" tidak sebanding dengan apa yang telah diberikan kepada kopma dalam bentuk financial.

Hanya saja yang perlu di persiapakan dalam menghadapi ini adalah sejauh mana kita mampu menunggu "nanti" itu akan terwujud. Sabar dan Giatlah! Itu yang harus di persiapakan. Tantangan berupa dinamika organisasi di Kopma akan menuntut kita untuk berpikir dua kali dengan pilihan yang berbeda. Dan jangan sampai kita berpikir untuk mundur yang tidak ada dalam pilihan setelah kedua karena alasan "nanti" itu belum kita dapatkan. Jangan coba-coba.

Ingat! Semakin panjang waktu yang kita luangkan untuk turut ambil bagian dalam Kopma akan kembali pada posisi kita untuk terus berpengalaman, be a professional person.
Ketika kita melihat Kopma sebentuk istana yang megah, siapkan diri kita untuk membersihkan istana itu jika nanti kita menemukan lantai yang kotor, sarang laba-laba di sudut kamar, kotoran di bawah atau balik lemari, dan lain sebagainya. Siaplah! Karena jelas, yang membedakan Kopma kita dalam berorganisasi adalah apa yang telah kita lakukan kepada kopma akan kembali kepada diri kita sendiri. Hal ini ditilik dari sesuatu yang bersifat sistematis dalam koperasi, berupa poin aktifitas dan partisipasi ekonomi. Raihlah!

Dalam gerbang Pendidikan dan Pelatihan Dasar Koperasi (Diklatsarkop) ini merupakan moment renaisance untuk melahirkan pola pikir tentang dasar koperasi melalui pondasinya. Pemahaman keilmuan, interaksi sosial, saling menghargai, menghormati waktu, mengenalkan kopma, dan belajar untuk berani, jadikan poin-poin ini lebih dengan meniti gerbang awal dalam Diklatsarkop. Munculkan positive thinking kemudian cobalah berproses di dalam Kopma kita dengan padangan positif itu. Bentuk tujuan kita, realisasikan tujuan tersebut menjadi kenyataan. Karena, meminjam bahasa Motivasia di edisi ini, seorang "Generasi Sejati" setidaknya memiliki mimpi untuk di wujudkannya. Mari kita wujudkan bersama!

0 Komentar untuk "BERKOPERASI, SIAPKAN DIRIMU!"

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Official Website Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY) KopmaJogja.com. Kritik dan Saran Kami Harapkan Demi Kemajuan Dan Sempurnanya Website Kami Ini. Selamat Beraktivitas.

 
Copyright © 2013 - 2015 KopmaJogja.com - All Rights Reserved
Template By Catatan Info | Modified By Aditya DC Nugroho and M. Eka Purbaya | Powered By Blogger